Yuk Simak Makam di Madiun Dicat Warna-warni

Satu makam di Madiun tiba-tiba trending sebab nisannya dicat warna-wani. Rupanya, ini fakta di baliknya.
Makam Umum Dukuh Nguwot, Kelurahan Tawangrejo Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun jadi pembicaraan sebab penuh warna warni. Masyarakat menyulap satu makam yang dahulunya horor serta berlangganan banjir jadi penuh warna-warni itu semenjak tiga bulan paling akhir.

“Ini telah semenjak Maret dilaksanakan pengecatan oleh masyarakat gotong royong. Alhamdulillah ini dahulunya memang berkesan horor gelap serta berlangganan banjir sekarang beralih indah dengan warna warni makamnya,” jelas Gunawan (66), Penasehat Pengurus makam Dukuh Nguwot Kelurahan Tawangrejo, pada detikcom di penyemayaman, Sabtu (27/6/2020).

Pertama kali dilaksanakan pengecatan Makan Umum Dukuh Nguwot, kata Gunawan yaitu terpacu ada lomba kebersihan lingkungan pada tingkat kecamatan Manguharjo. Waktu itu pada 23 Maret 2020 team penilai memberi juara pertama ke makam warna warni itu.

“Ini kita gotong royong dengan masyarakat untuk pengecatan pada Maret sebab ada lomba kebersihan lingkungan tingkat kecamatan juara pertama. Disamping itu arah kita supaya tidak berkesan horor” tuturnya.

Untuk dapat tampil modis, mahasiswi ini nekat jadi pembobol ATM. Dia berkomplot dengan dua pria yang lain yang sekarang juga dibekuk.Makam ini tengah trending serta menarik perhatian (Sugeng Harianto/detikcom)
Gunawan menjelaskan, perlombaan yang menang pada tingkat kecamatan itu, bersambung sebagai wakil lomba pada tingkat kota Madiun pada April 2020 serta kembali lagi mendapatkan juara pertama. Inspirasi makam warna-warni ini, semua dari masyarakat yang semangat untuk menang dalam lomba supaya dukuhnya maju.

Artikel Terkait :cat tembok

“Kita tidak menduga jika bisa juara satu tingkat kota Madiun, lomba kebersihan makam, mulai Maret 2020 tingkat Kecamatan penilaian tanggal 23 menang juara pertama. Selanjutnya sebagai wakil Kecamatan perlombaan tingkat Kota Madiun pada 22 April alhamdulillah juara pertama lagi,” tuturnya.

Gunawan menjelaskan, waktu itu lomba kebersihan lingkungan makam di pergerakan oleh Dinas Perumahan serta Teritori Pemukiman (Perkim) kota Madiun. “Dahulu Dinas Perkim yang mencanangkan lomba kebersihan makam. Semua inspirasi masyarakat sendiri serta ongkos swadaya warga,” tutur Gunawan.

READ  Lakukan Hal Ini Tuk Mencegah Kayu Dimakan Rayap

Gunawan memberikan tambahan, sebetulnya warna indah makan di saat bulan Maret kemarin. Masyarakat tidak menduga baru trending sekarang ini yang walau sebenarnya warna cat telah mulai sirna.

“Ini walau sebenarnya indahnya saat baru di cat dahulu serta ini telah sirna. Tidak berapa ini,” pungkasnya.

Di tempat makam seluas 1500 mtr. persegi berpagar tembok keliling setinggi seputar dua mtr.. Pada dinding tembok terlihat di hias cat bergambar bermacam bunga warna warni.

Di samping tepi kiri dari gerbang penting ada juga jalan paving dengan lebar seputar dua mtr. berwarna merah. Ditengah-tengah makam ada juga gazebo dalam suatu makam terlihat warna merah gentingnya.

Comments are closed.