Yuk Intip Beton Senilai Rp1,5 Miliar Pengganti Water Barrier

Jejeran water barrier serta pemisah besi untuk median jalan ke arah lintas atas atau overpass Manahan akan diganti oleh kanstin. Nanti, kanstin itu terpasang di tiga titik.

Tiga titik itu yaitu di Jl. Adisucipto, Jl. Dr Moewardi, serta Jl. MT Haryono. Budget pergantian median itu sejumlah Rp1,5 miliar yang mengambil sumber dari Budget Penghasilan Berbelanja Wilayah Perkembangan (APBDP).

Artikel Terkait : berat jenis besi

Untuk info, kanstin ialah material beton precast yang umum dipakai untuk trotoar, pemisah pundak jalan, taman, dan lain-lain. Kanstin berperan untuk penahan atau pengunci formasi paving block yang terpasang supaya tidak berubah atau beralih tempat saat dipasang.

Kasi Jalan serta Jembatan Dinas Pekerjaan Umum serta Pengaturan Ruangan (DPUPR) Kota Solo, Joko Supriyanto, menjelaskan pergantian water barrier dengan kanstin adalah pendapat dari Dinas Perhubungan (Dishub) Solo.

“Sekarang ini di beberapa titik itu telah mulai digaris dengan cat, dibikin skema untuk selanjutnya ditangani. Project ini kami ucap pembangunan frontage serta intersection Overpass Manahan. Kanstin beton jadi pembatas atau median di antara dua lajur berdasarkan referensi dari Dishub,” katanya, waktu dikontak Solopos.com, Kamis (21/11/2019).

Joko Supriyanto menjelaskan panjang kanstin sama juga dengan peletakan water barrier serta pemisah besi sekarang ini. Di Jl. Adisucipto, pemisah besi ditempatkan dari mulai simpang empat Mapolresta Solo sampai titik awal naik Flyover Manahan.

Baca Juga : tabel baja WF

Di Jl. Dr Moewardi, kanstin beton usai di simpang tiga Jl. Nusa Indah atau sebelum Satpas SIM Polresta Solo.

“Nah, yang di muka SMP Negeri 1 Solo atau di Jl. MT Haryono ya gantikan water barrier sekarang ini. Kelak di Jl. Adisucipto akan ada bukaan di muka Plaza Manahan, untuk jalan keluar masuk Stadion Manahan,” jelas Joko Supriyanto.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, menjelaskan pembangunan kanstin adalah hasil pengaturan serta persetujuan dan penilaian bersama-sama Dishub, DPUPR, serta Satlantas Polresta Solo. Saran itu dikatakan oleh warga.

“Tempat median akan gantikan water barrier yang sekarang ini terpasang serta memberikan tambahan kekurangannya. Disamping itu, mempunyai tujuan tingkatkan keselamatan pemakai jalan,” katanya, Minggu (24/11/2019).

READ  8 Bahan Bangunan Murah Ini Cocok Bangun Rumah Impianmu Loh

Comments are closed.