Tambang Batu Kapur di Tuban Runtuh, Ini Dampaknya

Tebing di posisi penambangan batu kapur di Dusun Leran Kulon, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, roboh pada Sabtu (30/5/2020) pagi. Bongkahan puing-puing batu kapur itu menerpa alat kerja tambang.

Waktu peristiwa, beberapa karyawan tambang sedang liburan hingga tidaklah sampai memunculkan korban jiwa. Tetapi, rumah gardu listrik remuk karena terkena bongkahan batu dan beberapa alat tambang remuk tertimbun.

Baca Juga : batu koral sikat

Robohnya posisi tambang batu kapur ini diperhitungkan karena skema penambangan yang meremehkan keselamatan kerja hingga beberapa tebing yang membubung tinggi tidak lagi ada ada penyangganya.

Disamping itu, keadaan alam yang beberapa ini hari turun hujan lebat hingga air hujan lagi masuk di dalam rongga tebing yang banyak retakan.

Tebing di penambangan batu kapur, Dusun Leran Kulon, Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur, roboh pada Sabtu (30/5/2020). (iNews/Pipiet Wibawanto)

Mendapatkan laporan masyarakat, piranti dusun dan sukarelawan dari Tagana dusun di tempat langsung tiba ke posisi untuk pastikan peristiwa itu tidak ada korban jiwa.

Disamping itu, pemerintahan dusun mengingati masyarakat supaya lebih waspada waktu lakukan penambangan batu kapur sebab keadaan tambang yang beresiko.

Simak Juga : batu gamping yang telah mengalami metamorphosis

“Ya sebab keadaannya telah semacam ini, kebenaran waktu liburan, tidak ada korban jiwa,” kata Kepala Desa di tempat, Kasmono.

Karena robohnya tebing tambang batu kapur ini, untuk beberapa waktu posisi tambang itu akan ditutup karena mencelakakan masyarakat jika ada aktivitas penambangan sebab tebing ada banyak retakan. Dari peristiwa itu, rugi ditaksir capai Rp15 juta.

READ  Ini Dia Keunggulan Karpet Vinyl Lantai

Comments are closed.