Perumda Tugu Tirta Kota Malang Bakal Sebar 10 Tangki Portable

Jebolnya pipa jaringan air Perumda Tugu Tirta Kota Malang yang ada di Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang masih tersisa efek. Minimal, ada 10 ribu konsumen setia yang nasibnya ada dalam ketidaktetapan untuk sebulan ke depan.

Ya, pasalnya suplai air bersih baru dapat berjalan normal dalam periode waktu sebulan itu sambil menanti pipa alternatif baru yang akan dihadirkan. Keluh kesah masyarakat terus banyak yang datang, karena untuk penuhi suplai air keluarga mereka harus ambil air dengan menandon air dengan cara teratur.

Usaha pengadaan bak air juga dilaksanakan, tetapi dipandang belum dapat penuhi keperluan suplai air di tiap keluarga. Efektivitas usaha perlakuan suplai air bersih dianjurkan DPRD Kota Malang dengan sediakan bak portable untuk terminal air.

Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus menjelaskan saran itu telah dilakukan tindakan oleh Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Ada 10 unit bak portable yang disediakan, dimana nanti hal tersebut akan diletakkan di beberapa titik yang sekarang ini belum terlayani pertolongan suplai air bersih dengan optimal.

“Telah ada kesanggupan dari faksi PDAM untuk sediakan 10 unit bak air portable dengan kemampuan capai 2.000 liter per unitnya. Untuk harga tentunya belum juga tahu, tetapi rata-rata Rp 2 juta sampai Rp 3 juta per unit,” katanya.

Disamping itu, Direktur Perumda Tugu Tirta Kota Malang, M. Nor Muhlas mengatakan telah memberi disposisi pengadaan bak portable pada sisi yang berkaitan. Hingga gagasan penyediaan bak air itu dapat selekasnya digerakkan. Kapasitanya, yang tentu rupanya dapat capai 5.000 liter air.

Dari 10 unit yang ada, nanti akan ditebar ke tujuh titik yang masih tetap kesusahan mendapatkan suplai air bersih. Salah satunya, Teritori Tlogowaru, Wonokoyo, Buring, Perumahan Bulan Jelas Penting (BTU), Kebonsari sampai Beberapa Gadang di seputar Teritori Lowokdoro.

Namun, faksinya belum juga dapat pastikan kapan bak air portable itu dapat dioperasionalkan. Sebab, dari bak yang ada itu harus dilaksanakan modifikasi pada kerannya sebelum dialokasikan ke beberapa titik kritis air. Hingga, satu tandon air dapat dipakai oleh banyak orang untuk memperhitungkan lamanya barisan.

READ  Jangan Lewatkan Ide Pagar Rumah Minimalis untuk Rumahmu

“Saya telah perintahkan ke sisi yang berkaitan, tetapi ini belum juga tahu bagaimana design bak air itu dimodifikasinya. Supaya warga kelak tak perlu berbaris panjang, ya seputar kurang dari 1 minggu kelak akan dialokasikan. Semoga jalan keluar periode pendek ini dapat selekasnya terealisasi,” tuturnya.

Comments are closed.