Lebih Bagus Mana Pilih Tripleks atau Gypsum?

Plafon pada rumah mempunyai banyak peranan. Dari mulai supaya debu-debu dari atas rumah tidak langsung jatuh mengotori ke lantai, tutup konstruksi kerangka atap hingga nampak rapi bila disaksikan, meningkatkan kesejukan ruang dengan alamiah, serta dapat mempercantik arsitektur plafon rumah.

Sejauh ini, banyak orang manfaatkan bahan tripleks untuk plafon tempat tinggalnya. Tetapi ada pula yang memakai bahan tambah mahal seperti papan gypsum. Lalu, semakin irit mana langit-langit rumah yang memakai triplek atau papan gypsum?

Technical Relation & Product Supervisor PT Petrojaya Boral Plasterboard Rahmawan K Gunawan menjelaskan awet atau tidaknya langit-langit rumah, bergantung dari hasrat semasing. Tetapi, salah satunya kelebihan papan gypsum ialah dapat memberi hasil akhir yang semakin rata daripada triplek.

“Salah satunya kelebihan gypsum sebab ia memberi hasil finishhing yang rata smooth semakin flat dibanding triplek,” katanya pada Okezone waktu didapati di Rumah Jayaboard, Tangerang.

Selanjutnya bahan dibanding papan gypsum tersebut termasuk mudah. Hingga, tidak memberi beban pada langit-langit rumah.

Dari sisi harga, harga gypsum memang tambah mahal dibanding tripleks. Tetapi, harga gypsum tergantung dibanding typenya, ada yang type standard, ada juga yang satu tingkat semakin tinggi lagi.

Meskipun begitu, itu semua tergantung pada hasrat customer akan papan gypsum. Baik itu dari sisi keperluan atau disaksikan dari sisi estetika. “Nah estetikanya itu yang tidak dapat diraih oleh tripleks,” tambahnya.

READ  Ini Keunggulan Bohlam Philips Rechargeable LED

Comments are closed.