Ini Dia Bedanya Kaca Mobil Jenis Leminated dan Tempered Glass

Bila disaksikan dengan cara fisik, kaca mobil nampak hampir serupa, tetapi rupanya kaca mobil ada 2 tipe.

Yaitu tipe laminated glass, serta tempered glass, kedua-duanya memiliki ketidaksamaan pada material serta manfaatnya.

“Biasanya jika kaca depan macamnya laminated glass ada 2 lapis sampai 3 lapis, sedang kaca samping serta belakang macamnya tempered glass, hanya 2 tipe itu saja” kata Steven Pratama, owner UnoPart di Kelapa Dua, Tangerang.

Laminated glass

Kaca laminated glass dikatakan sebagai kaca triplek atau kaca 2 lapis serta cuma dipakai untuk kaca depan.

Baca Juga  : harga kaca tempered

Terbagi dalam 3 susunan, yaitu susunan kaca, selanjutnya susunan PVB (Polyvinyl Butiran Film).

Nah kemampuan dari laminated glass ini terdapat pada PVB, jika kaca depan pecah atau berlangsung kecelakaan, serpihan kaca masih melekat pada PVB itu.

Disamping itu, pecahan kaca yang terserang bentrokan, tidak langsung menjalar, kerusakan cuma terlalu fokus di titik kerusakan, hingga pengemudi dapat lihat jalan untuk menepi.

“Laminated glass digunakan di kaca depan untuk safe (keamanan), jadi jika pecah, pecahan kaca tidak buyar serta tidak langsung tentang pengemudi atau penumpang, (serpihan kaca) masih dapat melekat di film (PVB), tidak kaya temperred glass yang ditimpuk sama busi saja langsung bolong,” jelas Steven.

Tempered Glass

Kaca mobil tipe tempered glass untuk kaca samping serta kaca belakang, kaca tipe ini diketahui untuk keca jagung atau kaca kristal.

“Kaca tempered glass adalah kaca yang diperkeras dengan proses pemanasan sampai temperatur seputar 650 derajat Celcius,” katanya.

Meskipun mempunyai struktur semakin keras, tetapi bila kaca ini pecah, pecahannya dapat sampai berkeping-keping seperti kristal.

READ  Yuk Intip Daftar Harga Tangki Penampung Air di Batam

Comments are closed.