DLH Aceh Tamiang juga Manfaatkan Sampah Plastik Menjadi BBM

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Tamiang kembali lagi manfaatkan sampah plastik jadi barang berguna.

Kesempatan ini, pengembangan daur ulangi ini hasilkan cairan bahan bakar minyak (BBM) lewat proses evaporasi.

Baca Juga : Paving

Kepala Dinas LH Aceh Tamiang, Sayed Mahdi mengutarakan peningkatan pengembangan ini dikerjakan bersama Bank Sampah Induk Aceh Tamiang dengan manfaatkan area TPA Daerah Durian.

Dikatakannya proses pengerjaan BBM ini searah dengan proses pengerjaan paving block yang telah terlebih dulu mereka produksi.

“Prosesnya dikerjakan bertepatan, jadi jika cairan dari sampah plastik yang dipanaskan kita buat jadi paving block, sedang uapnya dapat buat jadi bahan bakar minyak,” kata Sayed Mahdi, Minggu (4/10/2020).

Sayed menambah selama ini proses pengerjaan BBM berbahan plastik masih step eksperimen dan masih perlu suport dan pembaruan.

Tetapi ia yakini jika BBM dari sampah plastik ini bisa dipakai untuk gerakkan mesin bertenaga rendah.

“Di depan bakal ada eksperimen pemakaian bahan bakar ini. Ini hari kita masih kumpulkan hasil produksinya,” kata Sayed.

Menurut dia masalah sampah plastik ini bukanlah cuman masalah di Indonesia, tetapi penjuru dunia sebab karakternya susah diuraikan.

Artikel TerkaitĀ  :Conblock

“Ini hari dunia internasional lagi cari langkah menangani masalah sampah plastik. Diantaranya dengan manfaatkan sampah plastik jadi barang berguna yang mempunyai nilai ekonomis,” katanya.

Awalnya DLH telah sukses manfaatkan sampah plastik jadi paving block. Plastik-plastik yang sudah dipisah oleh petugas dimasukkan pada dalam riasg, lalu dipanaskan mengggunakan kompor gas sampai mencair.

Selanjutnya cairan plastik ini disalurkan ke dalam alat bikin (molding) yang dibuat secara manual.

“Kemudian dipress dua sampai tiga menit supaya jadi padat dan lalu didinginkan di air seputar 20-30 menit,” papar Sayed sambil menjelaskan sebuah paving block memerlukan satu kg sampah plastik

READ  Yuk Intip Pernak-Pernik Besi di Kampung Ngagel Surabaya

Comments are closed.